Jumat, 30 Maret 2012

membuat jaringan peer to peer

Membangun Jaringan Peer to Peer5

Stranger | 11:14 | 



Menghubungkan dua komputer secara langsung dan bersamaan bisa disebut sebagai jaringanPeer to Peer. Dimana komputer satu dapat mengirim data ke komputer dua dan sebaliknya. Kebutuhan membangun jaringan Peer to Peer mulai meningkat. Sekitar seminggu yang lalu, Ilmu Komputer telah membangun jaringan Peer to Peer. Adapun keperluannya adalah mengambil data dan memainkan game melawan pemain dari komputer lain. Karena data yang diambil berukuran besar, akan kesulitan jika menggunakan USB Flashdisk. Oleh karena itu, Ilmu Komputer memutuskan untuk membangun jaringan Peer to Peer.
Jenis koneksi dalam membangun jaringan dibagi menjadi dua, yakni Cross dan Straight. Crossdigunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama secara langsung. Sedangkan untuk menghubungkan dua perangkat secara tidak secara langsung, menggunakan jenis koneksi Straight. Sebagai contoh kita akan menghubungkan komputer A dengan komputer B. Jika kita menghubungkannya secara langsung, harus menggunakan jenis koneksi Cross.Namun, jika komputer A dan B dihubungkan melalui perantara (HUB), jenis koneksinya harusStraight.
Jenis koneksi dalam jaringan
Ilmu komputer akan memilih mengkoneksikan secara langsung. Karena selain lebih murah, juga lebih praktis. Untuk membuat jenis koneksi Cross, alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Konektor RJ-45
    Konektor RJ-45
  2. Kabel UTP
    Kabel UTP berikut warna-warna yang ada di dalamnya
  3. Tang Crimping
    Tang Crimping dan konektor RJ-45
Sekarang mari kita mulai cara membuat jenis koneksi Cross. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong kabel UTP. Perlu diingat, bahwa yang dipotong hanya kulit pembungkusnya saja. Sehingga akan terlihat kabel-kabel berwarna-warni yang berjumlah 8 pin. Agar dapat menghasilkan potongan yang benar, gunakanlah tang Crimping.

Cara memotong kabel UTP

Kabel UTP  yang telah dipotong
Selanjutnya, luruskan semua kabel yang berjumlah delapan pin di atas. Susun seperti gambar di bawah. Sebelah kiri untuk konektor RJ-45 yang pertama dan kanan untuk yang kedua.

Konektor pertama (kiri) dan konektor kedua (kanan)
Bila semua kabel telah tersusun dengan benar, selanjutnya masukan kedelapan kabel ke konektor RJ-45. Perhatikan cara memegang konektor RJ-45 yang benar.
Cara memegang konektor RJ-45

Masukan kabel ke konektor RJ-45 dan jepit menggunakan tang Crimping. Lakukan kembali cara di atas untuk konektor yang satunya. Namun, dengan sususan kabel yang berbeda atau untuk konektor kedua.

Cara menjepit konektor RJ-45
Langkah awal membuat jenis koneksi Cross telah selesai sampai di sini. Selanjutnya adalah mengonfigurasi komputer A dan komputer B. 
Bila cara membuat kabel jenis koneksi Cross di atas terlalu sulit, Anda dapat membeli kabel yang siap pakai di pasaran. Tentunya dengan menyebutkan jenis yang sesuai, yakni kabel Cross.
Kabel Cross siap pakai

0 komentar:

Posting Komentar